10 February 2009

Apa anda paham dengan medium jaringan?


Jaringan komputer membutuhkan medium, device dan data. Sekarang gue/aku/saya/kulo/abang(hehehe) akan berbicara tentang medium jaringan. Medium yang dibutuhkan untuk jaringan komputer secara luas dibedakan menjadi dua, yaitu Unguide dan Guide. Bingungkan, yuk, maksud saya adalah Menggunakan kabel(Giude) dan tidak menggunakan kabel(Unguide).

Jaringan dengan medium kabel dapat kita temui dengan mudah disekitar kita. Contohnya saja jaringan yang ada di warnet. Disitu kabel jenis UTP digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer sekaligus.

Sedangkan yang nggak pake kabel. Contohnya adalah buang angin.. (hehehe cuma bercanda). Contoh sederhana yang digunakan adalah satelit. Misalkan bank BCA, seringkali ketika kita pergi ke ATM BCA, terdapat parabola di atas ATM tersebut. Itu merupakan contoh pengiriman data dengan menggunakan medium tanpa kabel.

Yang memakai kabel pun dapat dibagi menurut jenis kabel apa yang digunakan. Bisa kabel listrik, kabel coaxial, dan kabel-kabel yang lainnya. Jadi setiap pengiriman data dengan medium kabel sering kali tidak seratus persen lancar. Kadang hal tersebut dibatasi oleh bagus atau tidaknya jenis kabelnya.


Kalo yang tanpa kabel juga kadang ada masalah kok. Setiap hal ada kekurangan dan ada kelebihan. Sama seperti perumpamaan berikut: Tidak ada gading yang tak retak.

1 comment:

Anonymous said...

Lebih lengkap lagy donk