18 February 2009

Kuliah sambil kerja, why not?

Kuliah sambil bekerja bukanlah hal baru di jaman sekarang. Mungkin anda adalah salah satu orang yang sedang kuliah sambil kerja. Kadang ada perasaan bangga dalam diri anda karena bisa cari uang jajan tambahan, bantu-bantu orang tua, ataupun hanya sekedar cari pengalaman saja. Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda ketika berpikir tentang kuliah sambil kerja. Milai dari harus pintar membagi waktu, harus jaga stamina, harus menjaga visi bahwa kuliah lebih penting dari pada bekerja, dan lain-lainnya.

Akan lebih baik jika kuliah kita mendukung saat bekerja paruh waktu, jadi selain bisa langsung mempraktekkan pelajaran dikampus juga dapat imbalan. Contoh yang mudah adalah saat seseorang kuliah di sastra inggris, pekerjaan sambilan yang paling cocok adalah les private bahasa inggris. Orang yang kuliah di IT dan mempunyai hobby dalam e-commerce dapat bekerja paruh waktu di bisnis online, yang mempunyai potensi besar menjangkau customer. Selain itu masih ada banyak pekerjaan lainnya, walaupun sering tidak ada kaitannya dengan kuliah, tapi jika pekerjaan itu merupakan hobby dari anda, justru bekerja terasa lebih menyenangkan.

Tapi jika anda mempunyai rencana untuk bekerja saat anda kuliah. Berikut beberapa hal yang perlu anda persiapkan atau pikirkan terlebih dahulu sebelum nyemplung lebih dalam.

1. Waktu adalah hal yang paling penting untuk di atur terlebih dahulu. Jangan sampai waktu kuliah bertabrakan dengan waktu bekerja. Buat waktu kuliah dan waktu bekerja mempunyai jedah untuk istirahat sebentar. Hal ini untuk menjaga kondisi anda tetap sehat dalam beraktifitas.
2. Tetapkan visi dan misi anda dalam bekerja sambil kuliah. Apakah anda memprioritaskan kuliah menjadi yang terpenting, atau kuliah hanya untuk mencari gelar saja. Jangan sampai kuliah anda putus karena terlalu sibuk dalam bekerja.
3. Jaga kesehatan jasmani dan rohani tetap baik setiap saat. Jangan memaksakan diri ketika sudah terlalu capek. Atur waktu makan dengan teratur dan waktu tidur dengan teratur.

Mungkin tiga hal ini yang perlu diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk kuliah sambil kerja. Semoga bermanfaat dan menjadi masukan yang berharga buat anda.

No comments: