05 April 2009

Bahasa Pemrograman Java

java programing
Java adalah bahasa pemrograman berorientasi obyek yang di kembangkan oleh Sun Microsystem yaitu kumpulan dari berbagai macam bahasa pemrograman. Jadi tidak seperti pascal yang masih berbasis prosedural. Java mempunyai berbagai kelebihan dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Berikut akan dijelaskan beberapa kelebihan dari java.

1. Security
Keamanan pada pembuatan software di java akan memiliki tingkat keamaanan yang baik. Contohnya adalah seorang user dari komputer bukan administrator tidak akan dapat mengubah ataupun menghapus file yang ada diserver dengan program java.

2. Free
Java adalah free alias gratis. Nah ini lah yang menjadi daya tarik banyak orang mempelajari java. Siapa yang tidak mau diberi kue gratis dari saudagar. Ada banyak cara yang kita bisa lakukan, bahkan membuat software yang akan dikomersilkan dengan memakai java. Sudah gratis, untung, gak perlu takut lagi ada pemeriksaan polisi.

3. Platform-independent
Maksudnya program java dapat dijalankan disemua OS ataupun platform. Jadi entah mau main komputer pake XP, Vista, Mac, Linux, semua bisa menjalankan program java. Asal punya Java Run Time Environtment yang harus diinstal di masing2 OS. Java JRE inilah yang akan mengkodekan setiap bit seperti aturan OS masing-masing.

4. Multi-Threading
Java memungkinkan melakukan pekerjaan secara bersama-sama. Dan cocok digunakan sebagai program yang ada diserver database. Sehingga jika ada salah satu user menggunakan atribut dan membutuhkan pekerjaan aplikasi java. Saat itu juga java dapat melayani user dilain tempat. Mengerti maksud saya..

5. Oriented Programing
Ini adalah salah satu gaya pemrograman jaman sekarang yaitu berbasis obyek. Tidak terfokus pada prosedure yang dibuat tapi berfokus pada obyek yang diciptakan dan mempunyai atribut masing-masing. Pembuatan fungsi atau method nya pun akan semakin mudah jika tahu dan mempunyai kemampuan Oriented Progaming lebih.

Nah jika sobat belum pernah coba pemrograman java, silahkan download java di:

http://java.sun.com/javase/downloads/index.jsp

1. JRE = cuma untuk menjalankan aplikasi java saja
2. JDK(Java Development Kit) = complite dengan compilernya sekaligus + JRE
3. JavaDoc = dokumentasi untuk membantu membuat aplikasi java

No comments: